Juniper

Pengenalan Logical System Junos OS

Logical System Junos adalah konsep yang memecah sebuah router menjadi beberapa logical devices yang setiap logical devices  menjalankan tugasnya sebagai perangkat router. Konsep ini hampir sama dengan metarouter di mikrotik ataupun VRF (Virtual routing and forwarding) dan SDR (Secure Domain Routers) di cisco. *cmiiw

logical system junos

Logical System membuat beberapa logical devices dalam sebuah router. Dimana masing-masing logical devices tersebut berdiri sendiri sebagai sebuah router yang mempunyai interface, routing table, dan masih banyak lagi. Konsep ini juga membantu kita untuk mempelajari junos dengan mudah, karena sulit menjalankan junos di qemu.

Kamu dapat membuat sebuah logical system didalam junos olive, virtual machinenya tersebar luas di internet. silahkan untuk dan jalankan. Jika kamu adalah seseorang yang baru dalam mengoprasikan Junos, silahkan baca artikel pengenalan juniper os.

Topologi

kita akan membuat tiga buah logical router dalam Junos Olive, tujuan dari topologi ini adalah sukses melakukan cek konektivitas antara link. Berikut adalah topologinya :

logical system

Aturan Penamaan Interface

  1. Saat mengunakan olive, nama interface berubah menjadi “em” dan dimulai dari 0.
  2. Setiap interface yang dibuat di logical router, antara satu router dengan router yang lain, interfacenya harus berbeda (contoh R1 em1 dan R3 em0). Jadi diperlukan minimal 2 interface.
  3. setiap link antara kedua router harus di set dengan vlan, dan vlan harus beda antar link.

Membuat Logical System

Untuk membuat logical system, kamu dapat mengetikan perintah berikut pada configuration mode. Pada topologi ada 3 logical router, maka kamu buat 3 logical system dengan nama R1, R2, dan R3.

Untuk masuk ke sebuah logical system, kamu dapat menggunakan perintah berikut. Jika sudah masuk, kamu dapat mengkonfigurasi logical system yang telah kamu buat. Kamu dapat menggunakan top untuk kembali ke konfiguration mode dan berpindah ke logical system yang lain.

Mengkonfigurasi Interface

Mari kita coba untuk mengkonfigurasi interface em0.1 pada R1 dengan ip address 192.168.1.1/24. Terlebih dahulu kita aktifkan vlan-tagging pada interface di router (bukan di logicalnya).

Lalu masuk ke logical system R1 dan konfigurasi interface serta vlan id pada interface tersebut.

Lalu coba kita konfigurasi interface em1.1 pada R2.

Jangan lupa lakukan commit dan cek konfigurasinya!

jika sudah cek konektivitas dengan menggunakan ping. perintah pingnya sedikit berbeda karena kita harus melakukan ping dari logical system yang kita inginkan. Pada perintah dibawah, ditambahkan syntax logical-system R1 yang berarti bahwa kita melakukan ping dari R1 dengan tujuan 192.168.1.1.

Kamu telah berhasil menghubungkan antara R1 dan R2, silahkan kembali ke topologi dan konfigurasi secara mandiri koneksi antara R1-R3 dan R2-R3!, jika sudah lakukan tes konektivitas, jika tidak berhasil silahkan lihat perintah dibawah ini.

Konfigurasi

[collapse]

lalu jika sudah cek konektivitasnya

Kesimpulan

  1. Konfigurasi sudah benar dan tidak bisa melakukan ping? jika kamu menggunakan olive yang berjalan di virtualbox, jadikan 1 network antar adapternya! begitu juga dengan vmware.
  2. Olive dan Logical System dapat menjadi solusi untuk kamu yang tidak bisa melakukan lab dengan perangkat aslinya.