cisco

Memodifikasi Access Control List

access control list

Jika kamu telah mempelajari Access Control List (ACL) sebelumnya, kamu pasti paham penomoran aturan yang digunakan pada access control list. Standarnya, penomoran aturan pada saat membuat access list dimulai dari 10 dan intervalnya adalah 10 dan kita bisa memdifikasi access control list tersebut. Jika dituliskan dalam rumus Aritmatika maka seperti ini :

Jangkauan 10 dalam setiap aturan access control list bertujuan agar kita dapat menambahkan aturan baru diantara kedua aturan yang sudah ada. Sebagai contoh mari kita lihat extended access list berikut ini :

Bisa dilihat bahwa pada extended acess control list tersebut ada tiga aturan dimana setiap aturan memiliki nomor dengan jangkauan 10. Jika kamu ingin menambahkan aturan diantara baris pertama dan kedua, kamu cukup menambahkan nomor aturan diantara 10 dan 20. Sebagai contoh kita menambahkan aturan dengan nomor 15.

Maka access control list sekarang terlihat seperti ini. Tertambahnya aturan diantara baris pertama dan kedua.

Kita dapat menambahkan aturan-aturan lain sesuai keinginan pada nomor urutan.

Lalu bagaimana jika kita ingin menambahkan sebuah aturan diantara aturan 18 dan 19?. Kita bisa mengurutkan kembali aturan aturan tersebut dan menambahkan jangkauan disetiap aturan!

maka access tersebut akan terurutkan kembali dengan nomor aturan pertama adalah 10 dan interval antar aturannya adalah 5.